NAMA SISWA
PTS
BRYAN JULIO NATHANAEL88
CAROLINE CARDINAL SETIAWAN74
CHELSEA ALEXANDRA FRANCE91
CLARISSA CRISTIANI85
FALENY ASHELIA ELMA96
FELICIA JOCELYN VIOLENETHA90
GERIN OUW84
GRACE EMMANUELLA CHAIDIR86
JOCELYN JANE RUSLI91
JASON JOSEPHIN82
JESSICA MARGARETH VALISHIA83
JONATHAN FERDIANANDA WIJAYA89
JULIAN KIM81
JUSTINE LOUIS S.83
KIETANA AIMEE RUSTANDI73
MARGARET HOSANA DANIELA SINAGA73
RYUKEN LIE47
SHANE GERRARD NARTO86
SHARRON GISELYA LIE89
WILLIAM THIO92

 KKM : 70


Bagi yang remed kerjakan soal ini ya di lembar jawaban Essay, dan dikumpulkan ke Pak Roy. Soal ditulis ya.


1. Jelaskan konsep pemrograman berbasis event dalam Scratch. Berikan contoh konkret bagaimana konsep ini diterapkan dalam sebuah proyek game.

2. Apa yang dimaksud dengan variabel global dan lokal dalam Scratch? Jelaskan perbedaannya dan berikan contoh penggunaan masing-masing dalam sebuah proyek.

3. Bagaimana cara membuat fungsi (custom block) dalam Scratch? Jelaskan keuntungan menggunakan fungsi dan berikan contoh penggunaannya.

4. Jelaskan konsep pengambilan keputusan (conditional) dalam Scratch. Berikan contoh penggunaan struktur if-else dalam sebuah proyek.

5. Bagaimana cara membuat perulangan bersarang (nested loop) dalam Scratch? Berikan contoh kasus penggunaan perulangan bersarang.

6. Jelaskan konsep daftar (list) dalam Scratch. Bagaimana cara membuat dan mengakses elemen dalam daftar?

7. Bagaimana cara membuat proyek Scratch yang interaktif dengan menggunakan sensor?

8. Apa yang dimaksud dengan debugging dalam pemrograman? Jelaskan beberapa teknik debugging yang dapat digunakan dalam Scratch.

9. Jelaskan perbedaan antara algoritma dan flowchart. Bagaimana keduanya terkait dengan pemrograman Scratch?

10. Berikan contoh proyek Scratch yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan jelaskan manfaatnya.