Oke, mari kita bahas cara menambahkan dan mengkonfigurasi objek dasar seperti Sprite, Tiled Sprite, dan Text di GDevelop. Saya akan berikan panduan langkah demi langkah, tips, dan penjelasan penting.

1. Menambahkan Objek ke Scene

Ini adalah langkah awal untuk semua jenis objek.

  • Buka Scene: Pastikan kamu membuka scene (adegan) tempat kamu ingin menambahkan objek. Double-klik nama scene di panel "Project manager" (biasanya di sebelah kiri).
  • Klik "+" di Panel Objek: Di panel "Objects" (atau "New objects"), klik tombol "+" (Add new object). Panel ini biasanya berada di sisi kanan atau kiri jendela GDevelop.
  • Pilih Jenis Objek: Akan muncul jendela daftar objek. Pilih jenis objek yang ingin kamu tambahkan:
    • Sprite: Untuk gambar atau animasi karakter, musuh, item, dll.
    • Tiled Sprite: Untuk membuat latar belakang atau lantai yang diulang-ulang secara otomatis. Sangat efisien untuk peta yang besar.
    • Text: Untuk menampilkan teks, seperti skor, nama, atau dialog.
  • Beri Nama Objek: Setelah memilih jenis objek, berikan nama yang deskriptif untuk objek tersebut. Contoh: "Player", "BackgroundTile", "ScoreText". Hindari spasi dan karakter khusus dalam nama objek.
  • Klik "Apply": Setelah memberi nama, klik tombol "Apply" di bagian bawah jendela.

2. Konfigurasi Sprite

Sprite adalah objek paling serbaguna, dan inilah cara mengaturnya:

  • Tambahkan Animasi (Add an animation):
    • Klik objek Sprite yang baru kamu buat di panel "Objects". Jendela properties objek akan muncul.
    • Klik tombol "+" (Add an animation). Animasi "Default" akan dibuat.
    • Klik tombol "+" (Add) di bawah animasi "Default" untuk menambahkan gambar (frame) ke animasi tersebut.
    • Pilih gambar dari file (gunakan browser file GDevelop). Kamu bisa menambahkan beberapa gambar untuk membuat animasi.
    • Jika kamu punya banyak frame untuk animasi, atur properti "Image points" dan "Origin". Ini penting untuk memposisikan objek dengan tepat dan untuk efek visual seperti menembak dari ujung senjata.
  • Ubah Nama Animasi (Rename an animation): Klik kanan pada nama animasi (misalnya, "Default") dan pilih "Rename". Beri nama yang sesuai, seperti "Idle", "Running", "Jumping".
  • Atur Kecepatan Animasi (Set the animation speed): Di properti animasi, ada pengaturan untuk "Animation speed (frames per second)". Atur ini untuk mengontrol seberapa cepat animasi diputar. Nilai yang umum adalah 5-30 FPS.
  • Ulangi Animasi (Looping animation): Centang "Loop" agar animasi terus berulang. Jika tidak dicentang, animasi hanya akan diputar sekali.
  • Mengubah Animasi dalam Event (Change animation in an event): Ini adalah bagian penting dari pemrograman game. Kamu akan menggunakan events (kejadian) untuk mengubah animasi berdasarkan kondisi tertentu (misalnya, menekan tombol panah kanan akan mengubah animasi menjadi "Running"). Contoh event :
    • Condition: Key "Right" is pressed
    • Action: Change the animation of Player to "Running"

3. Konfigurasi Tiled Sprite

Tiled Sprite ideal untuk latar belakang dan lantai yang berulang.

  • Pilih Gambar Tile: Klik objek Tiled Sprite di panel "Objects". Di properties objek, klik "Choose a new image" dan pilih gambar yang akan digunakan sebagai tile.
  • Ukuran Tile (Tile Size): GDevelop secara otomatis akan mendeteksi ukuran tile (lebar dan tinggi) dari gambar yang kamu pilih. Pastikan ukuran tile sudah benar. Jika tidak, objek mungkin terlihat aneh.
  • Ubah Ukuran Objek di Scene: Setelah menambahkan objek ke scene, kamu bisa mengubah ukurannya (lebar dan tinggi) dengan menarik handle (kotak kecil) di sekitar objek. Tiled Sprite akan mengulang gambar secara otomatis untuk mengisi area yang kamu tentukan.
  • Performance: Tiled Sprite sangat efisien karena hanya menyimpan satu gambar tile dan mengulanginya, jadi lebih hemat memori dibandingkan menggunakan banyak sprite biasa.

4. Konfigurasi Text

Text digunakan untuk menampilkan informasi di layar.

  • Masukkan Teks: Klik objek Text di panel "Objects". Di properti objek, masukkan teks yang ingin kamu tampilkan di kotak "Text".
  • Font:
    • Font File (Font resource): Pilih file font (TTF atau OTF). Kamu harus menambahkan file font ke proyek kamu terlebih dahulu (melalui panel "Resources" di "Project Manager").
    • Font Name: Masukkan nama font (yang sama dengan nama font yang digunakan dalam file font).
  • Ukuran Font (Font Size): Atur ukuran font dalam piksel.
  • Warna (Color): Klik kotak warna untuk memilih warna teks.
  • Alignment: Atur perataan teks (kiri, tengah, kanan).
  • Efek: Kamu bisa menambahkan efek seperti garis tepi (outline) atau bayangan (shadow) untuk membuat teks lebih menarik.
  • Mengubah Teks dalam Event (Change Text in an event): Ini sangat penting untuk menampilkan skor, timer, atau informasi dinamis lainnya. Contoh event :
    • Condition: Every 1 second
    • Action: Set the text of ScoreText to String(GlobalVariable(Score)) (Ini akan mengubah teks objek "ScoreText" dengan nilai variabel global "Score", yang dikonversi menjadi string.)

Tips dan Trik Penting:

  • Layer: Gunakan layer untuk mengatur urutan tampilan objek. Objek di layer yang lebih tinggi akan menutupi objek di layer yang lebih rendah. (Panel Layers ada di bagian bawah jendela GDevelop).
  • Z-Order: Selain layer, setiap objek memiliki "Z-Order" di dalam layer. Objek dengan Z-Order yang lebih tinggi akan berada di depan objek dengan Z-Order yang lebih rendah di layer yang sama. Kamu bisa mengatur Z-Order di properties objek.
  • Origin Point: Titik origin adalah titik referensi untuk posisi objek. Secara default, titik origin berada di pojok kiri atas objek. Kamu bisa mengubah titik origin di properties objek. Ini penting untuk rotasi, penskalaan, dan efek visual lainnya.
  • Image Points (khusus untuk Sprite): Image points adalah titik referensi yang bisa kamu tambahkan ke gambar sprite. Mereka berguna untuk memposisikan objek lain relatif terhadap sprite, misalnya, untuk menembakkan peluru dari ujung senjata karakter.
  • Variabel: Gunakan variabel (global, scene, atau object) untuk menyimpan data, seperti skor, kesehatan, atau status pemain. Kamu dapat mengubah properti objek berdasarkan nilai variabel.
  • Expressions: GDevelop menggunakan expressions untuk melakukan perhitungan, mengonversi data, dan mengakses properti objek. Pelajari cara menggunakan expressions untuk membuat game yang lebih kompleks. Contoh expression : Random(100) (menghasilkan angka acak antara 0 dan 100).
  • Grouping: Objek dapat dikelompokkan untuk mempermudah pengelolaan. Anda dapat memilih beberapa objek dan mengklik kanan untuk membuat grup. Tindakan yang diterapkan pada grup akan memengaruhi semua objek di dalam grup.

Contoh Kode Event Sederhana (GDevelop):

Contoh 1: Menggerakkan Sprite Player dengan Tombol Panah

      Event:

    Condition: Key "Right" is pressed

Actions:

    Add 100 * TimeDelta() to the X position of Player

    Change the animation of Player to "Running"

 

Event:

    Condition: Key "Left" is pressed

Actions:

    Add -100 * TimeDelta() to the X position of Player

    Change the animation of Player to "Running"

 

Event:

    Condition: Key "Right" is not pressed AND Key "Left" is not pressed

Actions:

    Change the animation of Player to "Idle"

   

Penjelasan:

  • TimeDelta(): Ini penting untuk membuat gerakan independen dari frame rate. Artinya, game akan berjalan dengan kecepatan yang sama di komputer yang berbeda, meskipun frame rate-nya berbeda.

Contoh 2: Menampilkan Skor

      Event:

    Condition: Every 1 second

Actions:

    Add 1 to the global variable "Score"

    Set the text of ScoreText to String(GlobalVariable(Score))

   

IGNORE_WHEN_COPYING_START

content_copy download

Use code with caution.

IGNORE_WHEN_COPYING_END

Penjelasan:

  • Setiap detik, variabel global "Score" bertambah 1.
  • Teks objek "ScoreText" diperbarui dengan nilai variabel "Score" (dikonversi menjadi string).

Contoh 3: Menembakkan Peluru dari Sprite Player

      Event:

    Condition: Key "Space" is pressed

Actions:

    Create object Bullet at Player.X() + 20, Player.Y() - 10

    Apply force to Bullet, angle: 0, length: 400

   

IGNORE_WHEN_COPYING_START

content_copy download

Use code with caution.

IGNORE_WHEN_COPYING_END

Penjelasan:

  • Saat tombol "Space" ditekan, sebuah objek "Bullet" dibuat di dekat posisi Player (offset 20 piksel ke kanan dan 10 piksel ke atas).
  • Gaya diterapkan ke peluru, membuatnya bergerak ke kanan (sudut 0) dengan kecepatan 400.

Langkah Selanjutnya:

  • Eksperimen: Coba tambahkan objek, ubah propertinya, dan lihat bagaimana mereka berinteraksi.
  • Pelajari Contoh: GDevelop memiliki banyak contoh game yang bisa kamu pelajari.
  • Dokumentasi: Baca dokumentasi GDevelop. Sangat membantu.
  • Komunitas: Bergabunglah dengan forum dan komunitas GDevelop untuk mendapatkan bantuan dan berbagi pengalaman.
  • Tutorial: Ikuti tutorial video dan artikel tentang GDevelop.

Dengan latihan dan eksplorasi, kamu akan menguasai dasar-dasar menambahkan dan mengkonfigurasi objek di GDevelop. Good luck!