Oke, mari kita bahas cara menambahkan dan mengkonfigurasi objek dasar seperti Sprite, Tiled Sprite, dan Text di GDevelop. Saya akan berikan panduan langkah demi langkah, tips, dan penjelasan penting.
1.
Menambahkan Objek ke Scene
Ini
adalah langkah awal untuk semua jenis objek.
- Buka Scene: Pastikan kamu membuka scene
(adegan) tempat kamu ingin menambahkan objek. Double-klik nama scene di
panel "Project manager" (biasanya di sebelah kiri).
- Klik "+" di Panel
Objek: Di
panel "Objects" (atau "New objects"), klik tombol
"+" (Add new object). Panel ini biasanya berada di sisi kanan
atau kiri jendela GDevelop.
- Pilih Jenis Objek: Akan muncul jendela daftar
objek. Pilih jenis objek yang ingin kamu tambahkan:
- Sprite: Untuk gambar atau animasi
karakter, musuh, item, dll.
- Tiled Sprite: Untuk membuat latar
belakang atau lantai yang diulang-ulang secara otomatis. Sangat efisien
untuk peta yang besar.
- Text: Untuk menampilkan teks,
seperti skor, nama, atau dialog.
- Beri Nama Objek: Setelah memilih jenis
objek, berikan nama yang deskriptif untuk objek tersebut. Contoh:
"Player", "BackgroundTile", "ScoreText". Hindari
spasi dan karakter khusus dalam nama objek.
- Klik "Apply": Setelah memberi nama, klik
tombol "Apply" di bagian bawah jendela.
2.
Konfigurasi Sprite
Sprite
adalah objek paling serbaguna, dan inilah cara mengaturnya:
- Tambahkan Animasi (Add an
animation):
- Klik objek Sprite yang baru
kamu buat di panel "Objects". Jendela properties objek akan
muncul.
- Klik tombol "+"
(Add an animation). Animasi "Default" akan dibuat.
- Klik tombol "+"
(Add) di bawah animasi "Default" untuk menambahkan gambar
(frame) ke animasi tersebut.
- Pilih gambar dari file
(gunakan browser file GDevelop). Kamu bisa menambahkan beberapa gambar
untuk membuat animasi.
- Jika kamu punya banyak
frame untuk animasi, atur properti "Image points" dan
"Origin". Ini penting untuk memposisikan objek dengan tepat dan
untuk efek visual seperti menembak dari ujung senjata.
- Ubah Nama Animasi (Rename an
animation):
Klik kanan pada nama animasi (misalnya, "Default") dan pilih
"Rename". Beri nama yang sesuai, seperti "Idle",
"Running", "Jumping".
- Atur Kecepatan Animasi (Set
the animation speed): Di properti animasi, ada pengaturan untuk
"Animation speed (frames per second)". Atur ini untuk mengontrol
seberapa cepat animasi diputar. Nilai yang umum adalah 5-30 FPS.
- Ulangi Animasi (Looping
animation):
Centang "Loop" agar animasi terus berulang. Jika tidak
dicentang, animasi hanya akan diputar sekali.
- Mengubah Animasi dalam Event
(Change animation in an event): Ini adalah bagian penting dari pemrograman
game. Kamu akan menggunakan events (kejadian) untuk mengubah animasi
berdasarkan kondisi tertentu (misalnya, menekan tombol panah kanan akan
mengubah animasi menjadi "Running"). Contoh event :
- Condition: Key "Right" is
pressed
- Action: Change the animation of
Player to "Running"
3.
Konfigurasi Tiled Sprite
Tiled
Sprite ideal untuk latar belakang dan lantai yang berulang.
- Pilih Gambar Tile: Klik objek Tiled Sprite di
panel "Objects". Di properties objek, klik "Choose a new
image" dan pilih gambar yang akan digunakan sebagai tile.
- Ukuran Tile (Tile Size): GDevelop secara otomatis
akan mendeteksi ukuran tile (lebar dan tinggi) dari gambar yang kamu
pilih. Pastikan ukuran tile sudah benar. Jika tidak, objek mungkin
terlihat aneh.
- Ubah Ukuran Objek di Scene: Setelah menambahkan objek
ke scene, kamu bisa mengubah ukurannya (lebar dan tinggi) dengan menarik
handle (kotak kecil) di sekitar objek. Tiled Sprite akan mengulang gambar
secara otomatis untuk mengisi area yang kamu tentukan.
- Performance: Tiled Sprite sangat efisien
karena hanya menyimpan satu gambar tile dan mengulanginya, jadi lebih
hemat memori dibandingkan menggunakan banyak sprite biasa.
4.
Konfigurasi Text
Text
digunakan untuk menampilkan informasi di layar.
- Masukkan Teks: Klik objek Text di panel
"Objects". Di properti objek, masukkan teks yang ingin kamu
tampilkan di kotak "Text".
- Font:
- Font File (Font resource): Pilih file font (TTF atau
OTF). Kamu harus menambahkan file font ke proyek kamu terlebih dahulu
(melalui panel "Resources" di "Project Manager").
- Font Name: Masukkan nama font (yang
sama dengan nama font yang digunakan dalam file font).
- Ukuran Font (Font Size): Atur ukuran font dalam piksel.
- Warna (Color): Klik kotak warna untuk
memilih warna teks.
- Alignment: Atur perataan teks (kiri,
tengah, kanan).
- Efek: Kamu bisa menambahkan efek
seperti garis tepi (outline) atau bayangan (shadow) untuk membuat teks
lebih menarik.
- Mengubah Teks dalam Event
(Change Text in an event): Ini sangat penting untuk menampilkan skor,
timer, atau informasi dinamis lainnya. Contoh event :
- Condition: Every 1 second
- Action: Set the text of ScoreText
to String(GlobalVariable(Score)) (Ini akan mengubah teks objek "ScoreText"
dengan nilai variabel global "Score", yang dikonversi menjadi
string.)
Tips dan
Trik Penting:
- Layer: Gunakan layer untuk
mengatur urutan tampilan objek. Objek di layer yang lebih tinggi akan
menutupi objek di layer yang lebih rendah. (Panel Layers ada di bagian
bawah jendela GDevelop).
- Z-Order: Selain layer, setiap objek
memiliki "Z-Order" di dalam layer. Objek dengan Z-Order yang
lebih tinggi akan berada di depan objek dengan Z-Order yang lebih rendah
di layer yang sama. Kamu bisa mengatur Z-Order di properties objek.
- Origin Point: Titik origin adalah titik
referensi untuk posisi objek. Secara default, titik origin berada di pojok
kiri atas objek. Kamu bisa mengubah titik origin di properties objek. Ini
penting untuk rotasi, penskalaan, dan efek visual lainnya.
- Image Points (khusus untuk
Sprite):
Image points adalah titik referensi yang bisa kamu tambahkan ke gambar
sprite. Mereka berguna untuk memposisikan objek lain relatif terhadap
sprite, misalnya, untuk menembakkan peluru dari ujung senjata karakter.
- Variabel: Gunakan variabel (global,
scene, atau object) untuk menyimpan data, seperti skor, kesehatan, atau
status pemain. Kamu dapat mengubah properti objek berdasarkan nilai
variabel.
- Expressions: GDevelop menggunakan
expressions untuk melakukan perhitungan, mengonversi data, dan mengakses
properti objek. Pelajari cara menggunakan expressions untuk membuat game
yang lebih kompleks. Contoh expression : Random(100) (menghasilkan angka
acak antara 0 dan 100).
- Grouping: Objek dapat dikelompokkan
untuk mempermudah pengelolaan. Anda dapat memilih beberapa objek dan
mengklik kanan untuk membuat grup. Tindakan yang diterapkan pada grup akan
memengaruhi semua objek di dalam grup.
Contoh
Kode Event Sederhana (GDevelop):
Contoh 1:
Menggerakkan Sprite Player dengan Tombol Panah
Event:
Condition:
Key "Right" is pressed
Actions:
Add 100 *
TimeDelta() to the X position of Player
Change
the animation of Player to "Running"
Event:
Condition:
Key "Left" is pressed
Actions:
Add -100 *
TimeDelta() to the X position of Player
Change
the animation of Player to "Running"
Event:
Condition:
Key "Right" is not pressed AND Key "Left" is not pressed
Actions:
Change
the animation of Player to "Idle"
Penjelasan:
- TimeDelta(): Ini penting
untuk membuat gerakan independen dari frame rate. Artinya, game akan
berjalan dengan kecepatan yang sama di komputer yang berbeda, meskipun
frame rate-nya berbeda.
Contoh 2:
Menampilkan Skor
Event:
Condition: Every 1 second
Actions:
Add 1 to
the global variable "Score"
Set the
text of ScoreText to String(GlobalVariable(Score))
IGNORE_WHEN_COPYING_START
content_copy
download
Use code with caution.
IGNORE_WHEN_COPYING_END
Penjelasan:
- Setiap detik, variabel
global "Score" bertambah 1.
- Teks objek
"ScoreText" diperbarui dengan nilai variabel "Score"
(dikonversi menjadi string).
Contoh 3:
Menembakkan Peluru dari Sprite Player
Event:
Condition: Key "Space" is pressed
Actions:
Create object
Bullet at Player.X() + 20, Player.Y() - 10
Apply
force to Bullet, angle: 0, length: 400
IGNORE_WHEN_COPYING_START
content_copy
download
Use code with caution.
IGNORE_WHEN_COPYING_END
Penjelasan:
- Saat tombol
"Space" ditekan, sebuah objek "Bullet" dibuat di dekat
posisi Player (offset 20 piksel ke kanan dan 10 piksel ke atas).
- Gaya diterapkan ke peluru,
membuatnya bergerak ke kanan (sudut 0) dengan kecepatan 400.
Langkah
Selanjutnya:
- Eksperimen: Coba tambahkan objek, ubah
propertinya, dan lihat bagaimana mereka berinteraksi.
- Pelajari Contoh: GDevelop memiliki banyak
contoh game yang bisa kamu pelajari.
- Dokumentasi: Baca dokumentasi GDevelop.
Sangat membantu.
- Komunitas: Bergabunglah dengan forum
dan komunitas GDevelop untuk mendapatkan bantuan dan berbagi pengalaman.
- Tutorial: Ikuti tutorial video dan
artikel tentang GDevelop.
Dengan
latihan dan eksplorasi, kamu akan menguasai dasar-dasar menambahkan dan
mengkonfigurasi objek di GDevelop. Good luck!
0 Comments
Post a Comment